Sabtu, 26 April 2014

KONTRIBUSI POSITIF METODE PEMBELAJARAN OUTBOND TERHADAP KESUKSESAN BELAJAR

Kegiatan Repling Pramuka SMADU Kepohbaru
Masa usia dini hingga remaja merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Seiring berkembangnya zaman, metode pengajaran terhadap anak usia dinipun ikut berkembang, belakangan diketahui bahwa dengan bermain, anak dapat menangkap pelajaran lebih bagus dari pada bila tidak sedang bermain, hal ini biasanya dipengaruhi oleh kadar stress anak yang cepat jenuh terhadap hal-hal yang membosankan.

Permasalahan yang sering ditemui di lapangan adalah umumnya pembelajaran yang dilaksanakan pada saat ini masih klasikal dimana metoda pembelajaran yang digunakan pendidik pada saat bermain sambil belajar tidak variatif (monoton). Perangsangan yang diberikan oleh pendidik pada umumnya berlokasi di areal indoor, kondisi alam dan lingkungan sekitar sebagai area out door kurang termanfaatkan oleh pendidik sebagai area bermain anak.

Padahal, secara fitrah setiap anak meyukai kegiatan di alam bebas. Untuk itu perlu digali dan dikembangkan permainan yang berorientasi di alam terbuka. Pada dasarnya pembelajaran yang dilakukan dalam program pendidikan anak usia adalah bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain.

Pemahaman bermain dapat dilakukan dengan cara beraneka ragam, salah satunya menggunakan metode outbound atau pendidikan di alam terbuka. Outbound merupakan metode pembelajaran yang dilakukan di alam terbuka, penggunaannya dinilai memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan belajar.

Ternyata Outbound bukan hanya sekedar bermain saja. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan bagi anak. Wahana outbound bisa melatih keberanian dan kemandirian anak serta melatih tingkat kecerdasan anak. Selain itu outbound juga melatih psikomotorik anak agar lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan alam bebas dan mencintai alam.

Saat ini sudah mulai banyak diadakan kegiatan outbound bagi anak. Dengan kegiatan ini hubungan orang tua dan anak juga bisa terjalin harmonis. Karena ada outboound yang membolehkan orang tua untuk ikut dan ada juga tidak. Namun keduanya memiliki manfaat untuk si anak itu sendiri nantinya.

Outbound untuk anak-anak bertujuan untuk melihat kemampuan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental. Dengan wahana permainan yang dibuat sedemikian rupa, menjadikan si anak berusaha dan mampu untuk memecahkan suatu permasalahan.

0 komentar: